Surabaya City

Semuanya tentang Surabaya

Hilangnya Kesenian Surabaya.

leave a comment »

180px-kartolo_ludruk.jpg Tahun 1986 adalah tahun dimana aku pertama kali masuk dan menginjakkan kakiku di kota Surabaya, dan tahun dimana permulaan aku kuliah. Sebagai perantau dari kota kecil di Pulau Sumbawa tentu banyak hal-hal menakjubkan yang bisa aku jumpai ketika berada di Surabaya yang selama ini hanya ada dalam bayanganku. Aku bisa lihat kereta api secara langsung bahkan menaikinya, bisa naik bus kota yang tingkat, bemo roda tiga. Maklumlah sebagai anak kampung kadang sifat udik dan ndeso muncul dengan sendirinya…..hehehehe.

Setelah sekian lama malang melintang di Surabaya dan aku mulai paham dengan bahasa Suroboyoan (jancuk koen rek……hihihihihi), ada satu kesukaanku yang tidak pernah aku lewatkan saat itu yaitu mendengarkan ludruk diradio (kartolo cs) atau nonton pentas ludruk yang penuh dengan canda dan wanita bo’ongan. Kadang memang aneh sebagai orang luar jawa aku sangat suka dengan kesenian tradisional jawa seperti wayang kulit, ketoprak dll. Kalaupun harus pulang pagipun aku juga lakukan, biarpun bahasanya wayang aku gak paham.

Tahun 1995 aku pergi meninggalkan Surabaya karena kerjaan dan kembali lagi ke Surabaya pada tahun 2007 bulan februari. Ternyata Surabaya sekarang sudah sangat berubah. Pentas ludruk dengan dinding bambu dan ludruk diradio yang dulu gampang kita temukan, sekarang ini hampir tidak ada. Tari ngremo yang menjadi tarian khas masyarakat Surabayapun seakan juga menghilang dari masyarakat. Memang sangat disayangkan kalau sampai kebudayaan dan kesenian tradisional tersebut harus tergusur dan benar2 hilang akibat modernisasi, kita akan kehilangan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia yang kaya akan nilai kebudayaannya.

Tinggal menunggu waktu sampai benar2 semua kebudayaan kita hilang dan negara lain yang mengakui.

Salam

Written by danny

December 10, 2007 at 4:18 pm

Posted in Seni dan Budaya

Tagged with

Leave a Reply

